Kumpulan Kata-Kata Sulit
 
Sabtu, 05 Februari 2011

Pengertian PTK - Penelitian Tindakan Kelas

Pengertian PTK - Penelitian Tindakan Kelas

Reason dan Breadbury, 2001 menjelaskan bahwa Penelitian Tindakan merupakan proses partisipatori , demokratis yang berkenaan dengan pengembangan pengetahuan praktis untuk mencapai tujuan-tujuan mulia manusia, berlandaskan pandangan dunia partisipatori yang muncul pada momentum histori saat ini.

Bodgan dan Biklen, 1982 dalam Burn, (1999) menjabarkan bahwa Penelitian Tindakan adalah pengumpulan informasi yang sistematis yang dirancang untuk menghasilkan perubahan sosial.

Penelitian Tindakan, menurut Carr & Kemmis (1996) merupakan suatu bentuk penelitian refleksif diri kolektif yang dilakukan oleh para pesertanya dalam situasi sosial untuk meningkatkan penalaran dan keadilan praktik pendidikan dan praktik sosial mereka serta pemahaman mereka terhadap praktik-praktik mereka dan terhadap dan terhadap situasi tempat praktik-praktik tersebut dilakukan.

Penelitian Tindakan Kelas memilki tiga unsur, yaitu: Penelitian, Tindakan dan Kelas:

Penelitian: Aktivitas mencermati suatu objek tertentu melalui metodologi ilmiah dengan mengumpulkan data-data dan dianalisis untuk menyelesaikan suatu masalah.

Tindakan: Suatu aktivitas yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu yang berbentuk siklus kegiatan dengan tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan suatu masalah dalam proses belajar.

Kelas: Sekelompok siswa yang dalam waktu yang sama menerima pelajaran yang sama dari seorang guru.

Penelitian Tindakan Kelas atau PTK merupakan bagian dari penelitian tindakan atau (action research).

Dari beberapa penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Pengertian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) adalah penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas.

Referensi:
Buku "Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas" Karangan: Kunandar, S.Pd, M.Si, Penerbit: RAJAWALI PERS.

0 komentar:

Posting Komentar