Kumpulan Kata-Kata Sulit
 
Minggu, 06 Februari 2011

Pengertian Statistika

Pengertian Statistika

Dari wikipedia Bahasa Indonesia dijelaskan bahwa Statistika merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data.

Istilah 'statistika' (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan 'statistik' (statistic). Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data. Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data. Beberapa istilah statistika antara lain: populasi, sampel, unit sampel, dan probabilitas.

Menurut Furqon, Ph.D.(1999), Statistika adalah bagian dari matematika yang secara khusus membicarakan cara-cara pengumpulan, analisis dan penafsiran data. Namun ada pendapat lainya Statistika adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengumpulkan, menganalisis dan menginterpretasikan data. Atau dengan kata lain, statistika menjadi semacam alat dalam melakukan suatu riset empiris.

Definisi lain menyebutkan bahwa Statistika adalah penyajian dan penafsiran kejadian yang bersifat peluang  dalam suatu penyelidikan terencana atau penelitian ilmiah.

Statistika adalah ilmu yang mempelajari statistik, yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana caranya mengumpulkan data, mengolah data, menyajikan data, menganalisis data, membuat kesimpulan dari hasil analisis data dan mengambil keputusan berdasarkan hasil kesimpulan.


Semoga Pengertian Statistika di atas dapat bermanfaat buar rekan-rekan yang sedang mencari Definisinya, terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar